TTM Buktikan Bawang Merah Tumbuh Baik di Food Estate

Taiwan Technical Mission (TTM) membuktikan bahwa bawang merah tumbuh baik di areal Pengembangan Food Estate Kabupaten Humbang Hasundutan.

topmetro.news – Taiwan Technical Mission (TTM) membuktikan bahwa Bawang Merah tumbuh baik di areal Pengembangan Food Estate Kabupaten Humbang Hasundutan.

Hal ini diperlihatkan pada acara Penanaman Bawang Merah pertama untuk areal 5 ha selanjutnya di percontohan Poktan Sinar Jaya, Rabu (17/5/2023). Sebelumnya bawang merah ini sudah ditanam di areal percontohan.

Pada areal percontohan terbukti bahwa Bawang Merah bisa tumbuh baik di areal Pengembangan Food Estate dengan pola pertanaman sesuai Standar Operasional Prosedure (SOP) yang diterapkan oleh TMM.

Pada kesempatan itu, Specialist Horticulture Development Project Mr Chiu Chien-Hsiang (Joe) sebagai pelaksana pada pertanaman bawang ini memaparkan, bahwa bawang merah yang kelihatan sekarang itu bisa tumbuh baik dengan mengikuti SOP yang diterapkan TTM.

“Berawal dari Pemerintah Humbang Hasundutan dan masyarakat memberikan/menyediakan lahan untuk TTM untuk membuat percontohan di Food Estate, kami bertanam Bawang Merah dengan pengelolaan pertanian mulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, ketersediaan air dan perawatan tanaman,” katanya.

“Pengolahan lahan untuk bukaan baru, kita mengukur kemiringan tanah. Dan kita coba ratakan untuk mempertahankan air siraman merata dan tidak selalu mengalir ke lahan yang rendah. PH tanah kita ukur dengan alat sensoring. Dan karena lahannya masih baru, kita olah bolak balik, sampai lahannya bagus dan gembur. Kita mengolah bolak balik sampai empat kali dan yang besar-besar dihancurkan sampai gembur,” sambung Mr Chiu.

Lanjutnya, mereka menambahkan pupuk kompos untuk 1 hektar 40 ton kompos. “Sehingga PH yang kita harapkan bisa baik dan tanahnya bisa bagus karena tidak lengket (tanah liat). Kita juga menambahkan 700 kg NPK untuk nutrisi,” katanya.

Setelah penanaman, mereka tidak menggunakan mulsa, tetapi terbuka. Dan dalam perawatan mereka menggunakan tenaga para petani, sehingga rumput tidak tumbuh. Kelembapan tanah tetap harus terjaga karena Bawang Merah butuh air setiap harinya, seperti manusia. Oleh karenanya, mereka menyediakan penampungan air. Untuk lahan 5 ha tersebut ada tiga penampungan air.

“Kita menggunakan teknologi sederhana dalam penyiraman, dengan menggunakan pipa dan selang, serta mesin pemompa air untuk penyiraman menjaga kelembapan tanah. Hal ini dilakukan karena kita tidak bisa memprediksi cuaca,” jelasnya.

“Kita merencanakan bahwa pertanaman Bawang Merah ini nanti akan dilakukan dengan tumpang sari. Atau bergantian dengan tanaman palawija, seperti sayur jenis Sawi Taiwan (San Feng) dan sayur kacang kapri,” masih kata Mr Chiu.

Setelah lebih kurang tiga bulan TTM bekerja di lahan Food Estate untuk membuat percontohan, maka hasilnya merupakan kerja sama dan kerja keras semua. “Dan pada hari ini kita akan memulai penanaman untuk areal 5 ha,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing SSos MSi mengaku sangat bangga dengan hasil TTM dalam kurun waktu tiga bulan bekerja di Food Estate. Hal ini, lanjut Makden, jika serius dalam bertani maka hasilnya akan sangat membanggakan.

“Oleh karena itu, kami berharap agar apa yang dilaksanakan oleh pihak TTM bisa dicontoh oleh petani kita di areal Food Estate dan lebih luas para petani di Humbang Hasundutan,” katanya.

Hadir pada pertanaman pertama Bawang Merah itu, Kepala Taiwan Technical Mission (TTM) di Indonesia Mr Dennis Kao, Specialist Horticulture Development Project Mr Chiu Chien-Hsiang (Joe), Manager Lapangan Food Estate Dr Van Basten, Kadis Petanian Ir Junter Marbun, Kadis Kominfo Batara F Siregar SE, Camat Pollung Imron Lumbangaol, Kepala Desa Siriaria dan kelompok tani.

Usai dari pertanaman Bawang Merah, rombongan bergerak meninjau Rumah Kemasan di Doloksanggul. Pada kesempatan itu Kepala Taiwan Technical Mission (TTM) di Indonesia Mr Dennis Kao mengapresiasi Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE yang memperhatikan kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan berdirinya Rumah Kemasan di Humbang Hasundutan.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment